Konten Marketing Di Era Blogging, Efektif Atau Tidak?
Selasa, November 17, 2015
"Pemasaran konten atau Content Marketing adalah salah satu informasi yang relevan dan berharga yang berguna untuk pelanggan potensial" dikutip dari bukainfo
Pernah mendengar kalimat itu akhir-akhir ini? Yapp! Sebagian
pasti sudah sering mendengar kalimat ini.. Sebelum membahas lebih jauh, Ardi
akan menunjukan sedikit dari wujud Konten Marketing.
Di era modern sekarang ini, tentu berbagai strategi
pembelajaran, pengenalan dan pemasaran sudah menggunakan teknologi masa kini..
Berbagai medianya pun bervariasi, mulai dari Banner Raksasa yang sering kita
lihat di jalan tol, Majalah Produk Kecantikkan dan Kesehatan yang sudah populer
di kalangan menengah ke atas, Ataupun Iklan video yang sudah mampir
mondar-mandir di depan televisi selama bertahun-tahun.
Sebenarnya langkah itu
adalah suatu bentuk program yang di buat oleh Produsen untuk menyalurkan
berbagai barang yang ia buat bersama tenaga kerja yang terlatih sekaligus
mendekatkan diri kepada konsumen yang rumahnya jauh dan bertebaran di seluruh
wilayah bumi ini, ada yang tinggal di kota, namun tak dipungkiri ada pula
konsumen yang tiggalnya di pelosok desa.
Intinya, program
apapun yang di buat bertujuan untuk Mengenalkan Barang dan Menedekatkan Diri
pada Konsumen lewat media populer.
“Lalu apakah Media
yang digunakan pada Artikel di atas masih dapat dibilang efektif?”
Menurut Ardi, Beberapa media sudah tidak efektif digunakan
lagi pada masa kini,.. Contohnya seperti :
Banner Raksasa, survey di lapangan membuktikan, bahwa di zaman seperti sekarang ini Banner raksasa hanya akan membuat beberapa orang sebal karena posisinya yang terlihat mengganggu.. Krena terletak ditengah jalan dan menutupi sebagian besar wilayah yang ditempatinya..
Banner Raksasa, survey di lapangan membuktikan, bahwa di zaman seperti sekarang ini Banner raksasa hanya akan membuat beberapa orang sebal karena posisinya yang terlihat mengganggu.. Krena terletak ditengah jalan dan menutupi sebagian besar wilayah yang ditempatinya..
Iklan Televisi, jika yang satu ini dapat di bilang
50:50. Mengapa? Karena sebagaian orang dapat memindah channel jika iklan yang
ditampilkan terlalu membosankan, dan tak dipungkiri juga bahwa orang-orang
tanggap dengan cepat akan munculnya iklan baru dan mengesankan,.. Yang
terkadang pula bisa menjadi trend di hari-hari berikutnya..
Promote On Magazine, untuk kalangan menengah ke atas
hal ini dapat digunakan sebagai gaya.. Maka untu yang satu ini masih dibilang efektif
*untuk kalangan menengah ke atas
"Jadi, di Manakah Letak
Konten Marketing Yang Terbukti Efektif di Zaman Sekarang?”
Situs/Blog/Website adalah jawaban Terbaik untuk
meletakkan konten marketing dizaman ini..
Dalam sehari, dapat dipastikan lebih dari satu miliyar orang
di dunia ini mangakses internet sebagai media belajar hal baru yang sudah
efektif..
Berikut ini merupakan Konten Marketing yang baik pada suatu Blog:
1. Membuat Judul dengn konten yang menarik
Ini adalah hal paling mendasar dalam membangun Konten
Marketing Judul yang menarik dan sederhana akan lebih mudah diingat oleh banyak
orang, namun ingat judul yang dipakai jangan sampai memiliki nama yang pasaran
karena akan terkesan murahan. Selain Judul, isi konten yang menarik juga sangat
berpengaruh terhadap tumbuhnya pengunjung di blog kita, buatlah konten
pemasaran yang padat dan jelas sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di
blog anda.
2. Gunakan Domain TLD yang bersahabat
Menggunakn Top Level Domain yang singkat dan padat akan membuat pengunjung nyaman dan mudah mengingat situs kita. Selain itu ada berbagai opini yang muncul, contohnya seperti ini
‘jika kita menggunakan Top Level Domain maka
blog kita akan terlihat profesional’
Menurut Ardi opini ini benar adanya, semakin bagus domain yang
kita gunakan maka blog kita akan terlihat lebih profesional.
3. Search Engine Optimization
Mengoptimisasi blog kita agar mendapat posisi yang bagus di search google, bing, atau yahoo adalah hal wajib. Jika blog terus berada di fisrt page maka pengunjung akan penasaran dan mencoba membuka halaman tersebut. Hal ini juga akan mempermudah pengunjung dalam melakukan pencarian atas nama blog kita
4 Gunakan jasa Iklan PPC
Membuka jasa iklan PPC sudah terbukti efektif dalam
mengoptimalkan blog, apalagi jika Patner Publisher yang kita pilih adalah
Blogger terkemuka yang selalu kebanjiran pengunjung setiap harinya, dengan ini
secara tidak langsung kita akan medapatkan backlink ke blog kita dan akan
mendatangkan pengunjung dari Blog Publisher
5. Gunakan SosMed
Menggunakan Sosial Media bukan hal baru dalam dunia Blogging
Marketing, hal ini telah menjadi hal lumrah dalam membangun Blog yang bergerak
dalam bisnis online ataupun hal lainnya, selain sebagai media promosi, MedSos
juga adalah tempat yang paling efektif jika kita ingin Komplain ataupun
memberikan saran dan kritik atas pelayanan yang kita berikan.
6. Permudah Pengunjung dalam Melakukan Transaksi
Jenis pembayaran pada
jaman sekarang ini sudah sangat beragam, Mulai dari via PayPal, Transaksi Bank,
ataupun COD “Cash On Delivery”/ Pembayaran Langsung Ditempat Saat Barang
Sampai.
Semua jenis Pembayaran Diatas memiliki kekurangan dan
kelebihan masing-masing. Mungkin jika Ardi memiliki 10 Nilai untuk jenis
pembayaran, Maka Nilai 5 Untuk Via Bank, 3 Untuk via COD, DAN 2 Untuk Via
Paypal..
Semakin maraknya penipuan dikalangan penjual, via COD adalah
via teraman menurut Ardi, mengapa? Karena kita dapat melakukan pembayaran saat
barang itu sampai,.. Maka kita bisa terlepas dari tindak penipuan
Selain Jenis pembayaran, Free Ongkir juga menjadi pilihan
para pembeli dalam menghemat uang belanja, dengan munculnya layanan ini di
berbagai Online Shop maka semakin banyak pula yang ingin berbelanja karena
dianggap ramah Kantong
7. Adakan Giveaway ataupun Kuis Berhadiah
Siapa sih yang tidak ingin mendapat hadiah?? Semua orang
pasti menginginkan hal yang satu ini.. Hadiah dari Situs Online ataupun
Produsen merupakan incaran para Konsumen.. Oleh karena itu Giveway dan Kuis
juga bisa turut ambil bagian dalam menyukseskan Konten Marketing Blogging.
Dari itu semua dapat dikatakan bahwa Konten Marketing
Blogging adalah langkah yang tepat dalam memulai pemasaran Di dunia Internet,
oleh karena itu Optimisasikan blog sobat dan Jangan lupa, berdoa kepada Tuhan
dalam memulai sesuatu…
Terima kasih telah membaca
Terima kasih telah membaca




